Resep Dapur Mama Embun Season-3


Wah…alhamdulillah.. akhirnya berhasil update juga.. Setelah sekian lama terpending.. Untuk Ibu2 yang dah kangen ngintip resep dapur mama embun.. Monggo yah.. Maaf niy kelamaan..:-) Ditunggu masukannya hehe..

 

Sup Krim Bola Daging

 sup krim bola daging

Bahan :

Bola Daging:

aduk rata:
150 gr daging sapi cincang
1 kuning telur ayam
1 sdm tepung terigu
2 blok kecil (@ 4 gr) MAGGI® Kaldu Blok Rasa Sapi, remas atau dapat diganti bumbu kaldu indofood 

Kuah:
1 liter susu cair
4 blok kecil (@ 4 gr) MAGGI® Kaldu Blok Rasa Sapi atau bumbu kaldu indofood
50 gr bawang Bombay, tumis
50 gr makaroni kering, rebus hingga lunak
100 gr keju Cheddar parut atau keju quick melt

Cara Membuat :

  • Bentuk adonan daging menjadi bola-bola sebesar kelereng. Kukus hingga matang.
  • Didihkan susu bersama MAGGI® KALDU SAPI dan bawang Bombay. Tambahkan bola daging, makaroni dan keju. Didihkan hingga kental. Angkat, sajikan hangat.

Tips :

  • Bola-bola daging bisa juga direbus bersama kuah. Rebus hingga mengapung lalu tambahkan bahan lainnya.

  

 Kroket Roti Tawar

 kroket roti tawar

 Bahan :

Roti tawar 8 lembar (pilih yang kupas tanpa kulit)

Susu cair

Telur

Tepung Roti

 Isi :

Wortel

Kentang

Daun Bawang

Makaroni

Daging giling sapi

Bawang putih

Bawang bombay

Lada bubuk

 

Cara Membuat :

  •  
    1. Siram roti tawar dengan susu cair hangat, yang penting cukup basah.
    2. Rebus wortel dan kentang hingga lunak.
    3. Potong dadu.
    4. Rebus makaroni hingga lunak.
    5. Tumis bawang bombay atau bawang putih, masukkan daging giling sapi, aduk hingga rata dan daging matang.
    6. Setelah rata, masukkan wortel, kentang, makaroni.
    7. Ambil setengah bagian dari roti tawar, lalu isi dengan campuran bahan diatas.
    8. Setelah itu tutup bagian samping roti tawar atau dapat dibentuk bulat seperti bola.
    9. Celupkan ke tepung roti, angkat balur dengan telur yang sudah dikocok.
    10. Ulangi sekali lagi celupkan ke tepung roti.
    11. Goreng dengan api sedang hingga kecoklatan.
    12. Hidangkan selagi hangat.

 

Kroket Roti Tawar Isi Sosis

 kroket roti tawar isi sosis

Bahan :

Roti tawar 8 lembar (pilih yang kupas tanpa kulit)

Susu cair

Telur

Tepung Roti

 

Isi :

Sosis Ayam (Bernardi)

Sosis Sapi (Kimbo)

Cara Membuat :

  •  
    1. Siram roti tawar dengan susu cair hangat, yang penting cukup basah.
    2. Ambil satu bagian roti, lalu masukkan satu potong sosis tanpa dipotong.
    3. Gulung roti
    4. Celupkan ke tepung roti, angkat balur dengan telur yang sudah dikocok.
    5. Ulangi sekali lagi celupkan ke tepung roti.
    6. Goreng dengan api sedang hingga kecoklatan.
    7. Setelah matang angkat lalu potong 2 dengan posisi lurus atau miring.
    8. Hidangkan selagi hangat

 

Pudding Caramel Quaker

 pudding caramel

Bahan I :

  •  
    1. 100 g Quaker Instant
    2. 100 g gula
    3. 6 g agar-agar
    4. 100 cc air

 

Bahan II :

  1. 150 g gula
  2. 12 g agar-agar
  3. 600 cc air
  4. 2 tetes rum bila suka

 

Cara Membuat :

  1. Campur bahan I dalam panci (gula, agar-agar, air). Masak hingga mendidih, lalu masukkan Quaker Oatmeal. Setelah itu dinginkan dan potong dadu.
  2. Buat Caramel dari 150 g gula yang dipanaskan hingga kecokelatan. Tambahkan air dan agar-agar. Setelah agak dingin masukkan bahan I dan tuang ke dalam loyang. Dinginkan dalam lemari es. Setelah itu siap dihidangkan.

 

 Baked Potato Cheese

 baked potatoes

Bahan :

4 butir kentang ukuran sedang

1 sdm margarine

2 sdm terigu

60 gr keju cheddar parut

300 cc susu

Garam dan merica secukupnya

Mozarella cheese/permesan untuk taburan

 

Cara membuat :

  1. Buat saus putih : lelehkan margarine, masukkan tepung, aduk rata, tuangkan susu sedikit sedikit sambil di aduk cepat.
  2. Masukkan keju parut / quick melt, garam dan merica. Masak sampai meletup-letup. Sisihkan.
  3. Kentang dicuci bersih kulitnya, kukus selama 15 menit dengan Pressure Cooker (kalo kukusan lebih lama lagi).
  4. Taruh kentang di piring saji, memarkan/gencet kentang dengan ulekan hingga merekah, siram saus putih dan taburi dengan mozarela/permesan, sajikan segera.

 

Untuk Baked Potatoes with Cheese Brocolly :

  1. 250 gr brokoli, lepaskan dari kuntumnya, potong2
  2. Brokoli ditaburi dengan sedikit garam, dikukus asal layu/setengah matang, sisihkan.

 

Bola Makaroni

 bola makaroni

  1. 50g susu anak anda
  2. 100ml air
  3. 1 sdm margarine
  4. 50 gr bawang bombay cincang
  5. 100 gr daging ayam cincang
  6. 1 buah Maggi kaldu blok, remas
  7. 1 sdt gula pasir
  8. 50 g macaroni, rebus hingga lunak
  9. 50 g keju cheddar parut
  10. Minyak goreng

 

Lapisan :

50 g tepung panir halus

1 butir ayam, kocok

 

Cara membuat :

  1. Larutkan susu dengan air. Sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay hingga layu dan wangi
  3. Masukkan daging ayam, aduk hingga kering
  4. Tambahkan Maggi dan gula pasir, aduk rata
  5. Tuangi susu, masukkan macaroni dan keju
  6. Didihkan hingga kental dan matang
  7. Angkat, dinginkan
  8. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil
  9. Celupkan dalam telur, gulingkan dalam tepung roti
  10. Ulangi sekali lagi
  11. Goreng hingga kuning kecokelatan, tiriskan dan sajikan.

 

Banana Pancake

 pancake pisang

Bahan :

  1. 1 buah pisang raja yang matang
  2. 5 sdm tepung terigu
  3. 125 ml susu cair
  4. 1 butir telor, kocok lepas
  5. Margarine untuk menggoreng

 

Cara Membuat :

  1. Campur semua bahan (kecuali margarine) sampai rata dan licin
  2. Panaskan margarine, lalu buat dadar pancake dari adonan
  3. Tuangkan satu sendok sayur, masak dan dibalik sampai kedua sisinya matang
  4. Lakukan sampai adonan habis

 

Sebagai variasi, saat membuat dadar, begitu bagian atas terlihat mulai matang, beri parutan keju. Biarkan sebentar lalu lipat dua seperti martabak manis. Angkat.

 Spaghetti With Bolognese Sauce

 spagaethi bolognese

Bahan :

Spaghetti

Bawang Mombay

Daging sapi giling

Saus Del Monte

 

Cara Membuat :

  1. Rebus spaghetti hingga lunak (jangan lupa menambahkan sedikit minyak saat merebus).
  2. Setelah lunak, angkat dan tiriskan.
  3. Untuk sauce, tumis bawang bombay hingga wangi, lalu tambahkan daging giling. Tumis hingga matang.
  4. Setelah itu, tambahkan saus khusus spaghetti del monte.
  5. Biarkan hingga menyatu dengan campuran sebelumnya.
  6. Taruh spaghetti di dalam piring, lalu siram saus bolognese.
  7. Nikmati selagi hangat.

 

Ayam Goreng Crispy

ayam goreng crispy

Bahan :

Ayam 1 ekor

Jeruk Nipis

Merica Bubuk

Garam

Tepung Kobe

Air Es

 

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih ayam, lalu rendam dengan air jeruk nipis, merica bubuk, serta garam secukupnya kurang lebih 30 menit.
  2. Siapkan tepung khusus untuk ayam goreng tepung (Kobe, Mama suka, dll)
  3. Baluri satu per satu ayam dengan tepung tersebut
  4. Setelah rata, celup ke dalam air es.
  5. Angkat tiriskan, lalu balur sekali lagi di dalam tepung Kobe.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang
  7. Goreng ayam hingga terendam minyak
  8. Balik- balik dan setelah mendapatkan warna kecoklatan, angkat, tiriskan dan siap dihidangkan.

 

Fettucini with Bolognese Sauce

 fettucini

Bahan :

Pasta (fettucini)

Daging sapi giling

Bawang bombay

Merica

Saus Delfonte

 

 

Cara membuat :

  1. Rebus fettucini di air yang mendidih dengan telah diberi minyak sebelumnya. Aduk-aduk, hingga fettucini lunak. Angkat dan tiriskan.
  2. Tumis bawang bombay hingga wangi, masukkan daging giling, lalu merica. Setelah rata masukkan 1 kaleng saus delfonte. Tambahkan sedikit air. Biarkan mendidih untuk beberapa saat, lalu matikan api.
  3. Taruh fettucini di piring saji, siram dengan saus bolognese, sajikan segera.

3 Komentar

  1. Resep mama Embun yang tebaru ni, bikin menggugah selera tuk berbuka puasa. mba Nen, aku penasaran sama sup krim bola daging. kayanya enak tuk klo dimakan anget disaat hujan turun.. hmmm yummy

    • Hehhe… makasih Om Irfan apresiasinya🙂 Iya Om bener banget, dingin2 enak tuh.. si Ayah juga suka tuh hehe :-p

  2. wow, resepnya….ta’ pake ya, mba🙂
    oya, tukeran link yuk, mba nen!
    blogku ini: http://asamihishochi.wordpress.com
    jzzkk


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Esia Suka-Suka

    esiasukasuka
  • Hape Hidayah Plus & Syiar

    hape hidayah